Pembelajaran Berbasis Moodle Plugin H5P

Materi Pertidaksamaan Rrasional

oleh : Suparno, S.Pd.

A. Pendahuluan

Pembelajaran matematika dalam bentuk video dapat memudahkan siswa dalam memahami materi pembelajaran. Pembelajaran berbasis online dengan menggunakan moodle plugin H5P dapat menjadi lebih menarik dan memudahkan guru dan siswa, karena siswa dapat mengulang video dan guru dapat langsung melihat hasil dari pembelajaran yang dilakukan siswa, selain itu pembelajaran dapat dilakukan di luar jam sekolah, dan hal ini yang menjadi daya tarik tersendiri.

B. Proses Pengembangan Inovasi

1. Identifikasi Tantangan

Tantangan yang dihadapi adalah persiapan materi video sehingga membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dan interaktif bagi siswa.

2. Peran dalam Aksi:

a. Pengembang Inovasi: Bertanggung jawab atas perencanaan dan implementasi penggunaan moodle pluggin H5P dalam pembelajaran.

b. Guru: Bertugas membuat bahan ajar bentuk video yang dilengkapi dengan soal latihan untuk diupload pada moodle plugin H5P atau diupload pada youtube.

c. Siswa: Berperan sebagai pengguna langsung untuk belajar dan menjawab soal-soal interaktif pada video yang diupload pada moodle plugin H5P atau diupload pada youtube.

3. Ide Inovasi

Berdasarkan analisa  tantangan di atas, saya mencoba menggunakan platform moodle plugin H5P  dalam materi pembelajaran dan soal yang dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran.

4. Pengembangan Materi dan Soal pada moodle plugin H5P

Saya menggunakan moodle plugin H5P untuk berbagai materi pelajaran dan juga soal. Materi dan soal dirancang dalam bentuk video yang diupload pada moodle plugin H5P atau youtube.

5. Implementasi dalam Pembelajaran

Materi pelajaran dan soal yang telah di upload pada youtube  di insert atau diintegrasikan link youtube ke dalam moodle plugin H5P.  Setelah diintegrasikan di dalam moodle plugin H5P dan di seting sedemikian rupa, maka siap digunakan oleh siswa untuk pembelajaran dan mengerjakan soal latihan dengan hasil yang langsung dapat dilihat oleh siswa tersebut.

Guru-guru di berikan pelatihan untuk penggunaan moodle plugin H5P sehingga dapat mengintgrasikan youtube pada moodle plugin H5P.  Di sini diperlukan keterlibatan guru-guru sebagai penyedia materi pembelajaran dan siswa sebagai pengguna untuk belajar dan latihan soal. Dengan demikian siswa dapat meningkatkan pemahaman materi menjadi lebih baik.

Penggunaan moodle plugin H5P guru dan siswa disiapkan username dan password masing masing sehingga tidak akan saling mengganggu pasword dan username siswa lain. Setelah login siswa memilih pada materi yang telah disediakan dengan demikian siswa dapat bekerja dengan mandiri dan guru dapat mengawasi pada platform moodle plugin H5P.

 

C. Evaluasi dan Hasil

1. Hasil dan evaluasi menunjukkan tingkat antusiasme dan minta siswa sangat tinggi karena tampilan yang lebih interaktif.

2. Beberapa siswa mencoba melakukan “skip” atau melewati video pada materi, tetapi tidak bisa dilakukan karena terkunci oleh platform moodle plugin H5P.

3. Beberapa sisa belum menyelesaikan kegiatan tetapi dapat terpantau oleh guru.

D. Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan dan Kekurangannya yaitu:

1. Interaktif: moodle plugin H5P memberikan pengalaman pembelajaran yang interaktif dengan berbagai jenis soal yang menarik, termasuk    pilihan ganda, pertanyaan singkat, dan pernyataan benar atau salah.

2. Meningkatkan Keterlibatan Siswa: Siswa terlibat aktif dalam pembelajaran karena dapat menjawab soal langsung melalui perangkat mereka sendiri.

3. Pemantauan Pemahaman Siswa: Guru dapat melacak dan mengevaluasi pemahaman siswa secara real-time melalui fitur laporan dan analisis yang disediakan oleh moodle plugin H5P.

4. Fleksibilitas: Guru dapat dengan mudah menyesuaikan materi dan soal latihan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan siswa.

5. Kemudahan Akses: Siswa dapat mengakses dari mana saja dan kapan saja melalui perangkat elektronik mereka yang terhubung ke internet.

Kekurangan Penggunaan :

1. Keterbatasan Akses Internet: Jika siswa tidak memiliki akses internet yang stabil, penggunaan moodle plugin H5P dapat menjadi tantangan.

2. Ketergantungan Teknologi: Terlalu banyak ketergantungan pada teknologi dapat mengabaikan metode pembelajaran lain yang juga efektif.

3. Kesiapan Guru: Dibutuhkan waktu dan usaha ekstra bagi guru untuk mempelajari dan mengintegrasikan serta mempersiapkan bahan ajar dan soal latihan ke dalam moodle plugin H5P.

E. Kesimpulan

Dari hasil evaluasi,  penggunaan moodle plugin H5P   terbukti efektif dalam meningkatkan keterlibatan siswa dan pemahaman mereka  tentang  pembalajaran. Inovasi ini menjadi salah satu metode yang efektif dalam memperkaya pembelajaran di tingkat SMA.

F. Saran dan Rekomendasi

Penggunaan moodle plugin H5P  dalam  pembelajaran dan penilaian agar selalu diimplementasikan dalam pembelajaran. Guru-guru perlu meningkatkan dan mengembangkan materi pembelajaran yang lebih banyak dan bervariasi sehingga lebih maksimal dalam menggunakan moodle plugin H5P.

Dengan demikian,  laporan ini merangkum proses pengembangan dan implementasi inovasi baru dalam pembelajaran dan penilaian dengan menggunakan platform moodle plugin H5P.

Daftar Pustaka :

Moodle.org.

H5p

By admin